Kegalauan Memilih Jurusan yang PAS

Apa di antara kalian lagi ada yang bingung mau lanjut kuliah di mana?
Atau, di antara kalian ada yang udah kuliah selama ini tapi ngerasa salah jurusan?

Alasan gue buat tulisan ini berawal dari ade gue meminta suggest jurusan dan univ yang mesti dia ambil di SBMPTN tahun ini. Padahal ya dia udah kuliah, cuman dia masih penasaran pengen coba tes ulang lagi. Dan ya, itu pilihan kan.
"Loh iya, udah selesai ya UN? Emang pendaftarannya sampai kapan?"
Terus gue jadi keinget, 4 tahun lalu ketika gue lagi bingung-bingungnya mau ngambil jurusan apa, mau kuliah di mana, sibuk-sibuknya pulang malem dari intensif bimbel, ngerjain soal-soal dari buku bank soal UN dan SBMPTN.

Waaahhh, time fly really fast yaaaa..

Dan sekarang, gue pengen mencoba berbagi pengalaman gue dan juga saran yang InsyaAllah semoga bisa membantu kalian yang di luar sana sedang bingung menentukan jalan selanjutnya...

Lets started!!!

Sekilas info, gue adalah lulusan SMA Negeri 7 Tangerang. Dan pas SMA, gue masuk penjurusan IPA. Padahal, dulu pas SMP gue benci banget sama pelajaran IPA. Tapi, pas SMA itu semua berubah, gue lebih mending hafalin rumus-rumus dan nama-nama latin ketimbang gue harus ngapalin pelajaran geografi hahahaha. Terus, pas udah masuk penjurusan IPA (kelas 2 atau 11) mulai deh tuh ngaitin sama cita-cita nanti kuliah mau ambil apaan. Jujur deh, gue anaknya plin-plan banget. Dari mulai pengen ambil ilmu fisika, terus ambil ilmu kesehatan masyarakat, ganti lagi pengen ambil ilmu teknologi pangan, dan masih banyak lagi deh.

Sampai akhirnya gue menjatuhkan pilihan pengen jadi arsitek. Itu semua berawal dari tontonan pagi nyokap tiap weekend. Pada tau kan acaranya Nippon Paint, terus Dulux Let's Color, pokoknya semua tontonan yang berhubungan tentang itu selalu jadi makanan gue tiap weekend. Jujur deh, gue ga hobi gambar. Malah bisa dibilang gabisa. Dari SD kalo masalah pelajaran kesenian, gue lebih milih musik atau tari deh. Kalo masalah art gitu mending yang create something gitu. Gue inget semenjak kelas 11 semester 2, gue mutusin mau lanjut kuliah di SAPPK ITB.

Seiring berjalannya waktu, pas udah kelas 12 mulai deh tuh guru-guru nyuruh kita persiapin apa pilihan kuliah buat didaftarin lewat jalur SNMPTN (undangan). Terus gue mulai terbesit ingin pindah jurusan lagi hahahaha. Ko gue pengen jadi pengacara ya, kayanya keren gitu (seenak jidat). Tapi, itu ga bertahan lama karena nyokap ga setuju, katanya tanggung jawabnya gede banget. Terus abis itu, gue mulai tertarik sama Teknik Industri. Gue juga baru tau jurusan itu dari guru bimbel gue. Katanya, lulusan Teknik Industri bakal punya banyak lapangan kerja di masa mendatang. Terus, mulai deh tuh gue searching soal jurusan itu. Dan gue mulai menyukai jurusan itu. Mulai lah gue membulatkan tekad pengen ambil Teknik Industri di Universitas Indonesia.

Dan, pas mendekati pendaftaran SNMPTN, gue dibilang gini sama guru bimbel gue.
"Maudy mah kayanya lebih cocok ambil rumpun kesehatan ya ketimbang teknik. Abis kamu kan sukanya baca-baca gitu ketimbang praktek. Kalo di teknik bakal banyak praktek nya loh."

NAH LOH!

Gue jadi mikir lagi. Jadi bimbang lagi. Gue mesti kuliah dimana nih?
Masalahnya, semua temen gue tuh udah tau jelas mereka bakal lanjut kuliah di mana. Dan akhirnya untuk menjawab kebingungan gue, gue ngobrol deh sama nyokap.
"Kakak ga mau coba kedokteran aja? Kayanya kamu cocok deh."
Hmmmmm
Dokter? Seru juga sih. Keren juga mereka (akibat nonton drakor hahaha)

Terus gue mulai mikir deh, kalau gue mau ambil kedokteran lewat SNMPTN kayanya ga mungkin deh. Gue ga pede sama nilai rapot gue. Jujur sih, gue dari awal SMA pengen banget bisa masuk kuliah lewat jalur ini.

Dan waktu, pendaftaran SNMPTN semakin dekat. Gue mutusin buat ambil jurusan arsitektur sama industri aja. Biar kedokterannya gue kejar lewat jalur SBMPTN aja. Gue mah realistis aja hahaha. Terus pas disuruh milih mau univ mana, gue mulai galau. Dari senior gue yang keterima di arsitektur itu cuma di Universitas Brawijaya doang.
"Itu dimana ya bu?"
HEHEHEHE, gue cuman tau UI, ITB, UNPAD sama UNDIP doang dulu. Maafkan
"Di Malang, Jawa Timur."

WHAT? JAWA TIMUR? JAUH BANGET.

Gue curhat deh sama guru bimbel gue. Gue nanya gitu ke dia, gue mending daftar kemana dengan nilai rapot gue. Terus ya disaraninnya, UI, UNDIP sama UB. Tapi kalau mau aman, dan chancenya gede sih mending UB aja. Soalnya udah ada senior di sana.

"Ma, kalo aku ambil SNMPTN di UB gimana?"
"Dimana itu?"
"Di Malang, ma."
"Wah, jauh juga ka. Ga ambil ITB atau UI aja?"
"Ya itu mah pengen. Cuman nilai aku ngepas gitu kalo daftar ke sana. Kalo UB InsyaAllah masih bisalah, terus ada senior juga di sana."
"Ya terserah kamu aja. Kan juga SNMPTN mah untung-untungan kan. Yang penting fokus ngejar SBMPTN aja."

Dan ya, gue akhirnya pilih Arsitektur Universitas Brawijaya, doang.
Iya, cuma satu.
Gue ga ambil 2 pilihan. Tadinya mau ambil Teknik Industri juga. Cuman disaraninnya taro di pilihan pertama. Kalau kedua mending gausah sekalian. Yaudah gue jadinya pilih satu aja. Toh emang gue cuman pengen Arsitektur nya doang hehehe

Setelah selesai UN, masa intensif SBMPTN pun di mulai. Baca buku, ngerjain soal, hafalin rumus-rumus cepat dan masih banyak lagi. Sampai akhirnya, hari pengumuman SNMPTN pun datang.
Gue inget banget hari itu gue santai aja. Abisan gue gamau ambil pusing. Kan emang chance nya tuh kecil banget, untung-untungan.
Dan pas jam pengumuman datang, gue gamau langsung cek. Hal yang gue lakukan malah, makan siang dulu. Ketimbang nanti hasilnya bikin gue ga nafsu makan kan berabe yaaaa hahahaha. Terus selesai makan, gue nyalain laptop. Masuk ke website pengumuman SNMPTN dan log in pake akun gue.

DAN

Gue keterima di Arsitektur Universitas Brawijaya via jalur SNMPTN.
"MAAAAAAA"
"Kenapa ka?"
"KETERIMA MA"
"BENERAN? MANA MAMA LIAT"
Gue sama nyokap bengong aja depan laptop. Sambil terus membaca ulang tulisan di sana. Nyokap seneng banget gue bisa keterima jalur undangan. Dan gue pun begitu, gue bersyukur perjuangan gue selama ini berbuahkan hasil. Alhamdulillah, hasilnya bisa seperti ini.

Dan di malam hari yang sama, nyokap nanya "Kakak yakin ambil itu? Jauh banget ka. Berani kamu?"
Wah, kalo masalah berani itu udah jadi pikiran awal gue pas mau daftar.
"Santai ma, malah asik jauh gini. Kan biar bisa belajar dulu nanti sebelum tinggal di luar HAHAHA."
"Kamu gamau ikut tes SBMPTN juga? Ngejar arsi sama dokternya yang di UI sama ITB aja."
"Pengen ma, cuman jadwal daftar ulang ke Malang nya pas sama jadwal ujian SBMPTN nya."

Gue pikir sih ini sangat sengaja sih. Dan bagus juga, jadi biar kita bisa adil gitu. Kasian sama yang belum dapat di SNMPTN kan. Untuk memutuskan semua ini, gue ngobrol lagi sama guru bimbel gue. Daritadi gue kayanya sering sebut guru bimbel gue ya hehehe, BTW gue les di GO (Ganesha Operation). Gue curhatnya ga cuma ke satu guru sih, soalnya gue lumayan deket sama banyak guru di sana hehehe. Dan mereka lebih saranin gue buat ambil Arsi UB aja. Karena mereka inget kalo dari awal masuk les, gue pengen ambil jurusan arsitektur. Menurut mereka ini adalah jawaban dari kebimbangan gue selama ini HAHAHAHA.

Dan ya, di tahun 2014 gue terdaftar menjadi Mahasiswa Baru Arsitektur Universitas Brawijaya.
Tantangan jadi MABA Arsi di awal semester itu banyak sekali buat gue. Buat orang kaya gue yang ga mempersiapkan apa-apa. Kalau temen-temen gue yang sampai pada les gambar. Gue engga. Kenapa?
Karena gue males.
Dan menurut gue, gambar itu ciri khas dan naluri. Cara gue melatih gambar ya dari mengambar benda-benda yang tertangkap mata gue. Dan menurut gue, gaperlu lah sampe les gambar. Biar gue melatih sense gue sendiri. CEELAAAH

Dan pas masuk kuliah pertama kali, ada kegiatan matrikulasi. Matrikulasi ini seperti kelas pelatihan gambar gitu deh, katanya sih biar dosen-dosen tau standar MABA tahun angkatan gue tuh kaya apa. Awal dari matrikulasi ini kita disuruh mengambar ulang dari gambar yang ada dan hasilnya akan dinilai untuk menjadi pembagian kelas. Kelasnya dibagi jadi 4 kelas, ini disesuaikan dari sense gambar kita. Dan gue masuk di kelas pertama, yaitu visual.
Dan gue kaget. Kaget karena yang masuk ke kelas itu gambarnya udah pada jago-jago. Gue sampai tanya ke asdos gue waktu itu, apa gue salah masuk kelas? Terus kelas ini dipilih berdasarkan apa?
"Yang masuk kelas ini dinilai dari teknik gambarnya yang sudah memasuki standarisasi. Jadi tinggal ditingkatin aja."
Dan gue ya kagetlah. Gue ngerasa diri gue masih dibawah standar ya. Gue aja kepikiran mau nyerah aja dari arsi pas udah ngerasain 3 hari belajar di sini. Payah banget kan? Tapi, gue mikir waktu itu. Kalo ini tuh masih awal. Masa gue cepet banget nyerahnya. Dan masa Allah udah takdirin gue kuliah di sini, lewat jalur undangan pula, masa gue sia-siain. GA BOLEH. Gue harus lebih giat lagi. Pelan-pelan aja, ga perlu buru-buru. Santai. Selow.

Udah sampe situ dulu ya cerita soal kuliahnya hehehe. Nanti di sambung lagi lain waktu. Soalnya nanti jadi gadapet intinya.

Intinya yang pengen gue bilang, JANGAN TAKUT MILIH JURUSAN YANG KALIAN PENGEN.
Kuliah itu beda banget sama sekolah. Soalnya di kuliah kalian diproses untuk nantinya jadi orang yang siap kerja. Jadi cobalah mikir jurusan yang bisa membantu kalian mengejar cita-cita nanti gede mau jadi apa, mau kerja apa. Jangan pilih jurusan karena ngikut temen, ngikut ortu, tapi bener-bener murni yang kalian pengen. Karena di depan itu hidup kalian sendiri. Dan coba lah berpikir kalau di jurusan yang kalian ambil akan bisa membuat kalian menjadi better person yang bisa berdampak baik buat diri kalian dan orang banyak.

Gue juga mau kasih saran, kalau bisa ini dilakuin ya hehehe. Please ubah habit kalian di SMA pas nanti kalian kuliah ya. Kaya gue misalnya, gue pas sekolah tuh jarang banget ikut kegiatan-kegiatan selain yang diwajibkan. Gue ga ikut OSIS dan jarang banget ikut kepanitian apapun. Kerjaan gue cuman belajar doang terus pulang ke rumah atau pergi ke tempat les. Ya walaupun gue ikut ekskul vocal dari SMP sampai SMA.
Cobalah nanti kalian pas kuliah lebih aktif lagi, ikutin organisasi di kampus, boleh yang tingkat jurusan sampe univ juga boleh. Atau kegiatan yang di luar kampus juga boleh. Pokoknya kegiatan yang berbau organisasi, tapi yang bermanfaat ya yang berimpact baik buat kalian ke depannya.
Kenapa gue saranin ini? Karena manfaatnya banyak banget. Bakal banyak hal yang akan kalian dapetin darisana dan ga bisa kalian temuin kalau cuma dari belajar di kampus doang. Gue malah bisa bilang kalian bakal rugi. Karena itu bakal jadi pengalaman yang bisa kalian gunain buat hidup kedepannya. Dan, ini hasil gue dikasih tau sama banyak orang yang sekarang sudah kerja ya, mereka ngerasa menyesal karena kurang aktif pas kuliah. Soalnya pas kerja, orang-orang tuh menilai dari seberapa kita bisa membawa diri kita di circle sosial. Dan itu ga bisa didapetin kalo pas kuliah kerjaannya cuman belajar di kampus doang atau cuman main sama temen-temen deket doang.
Tapi, ya gue gamau maksain sih. Cuman coba dipertimbangin aja yaaa

Kalo ditanya saran buat yang lagi pusing sama kuliahnya dan bikin sampai kepikiran apa kalian salah jurusan, gue coba ajak kalian mengingat lagi alasan kalian kuliah itu apa dan alasan kalian milih jurusan yang saat ini apa. Dan coba ingat lagi seberapa besar perjuangan kalian udah sampai di titik ini. Tenang, gue juga pernah ko di posisi itu. Dan wajar buat kalian rasain di awal-awal semester. Toh, gue aja sampai kepikiran apakah gue salah jurusan di semester tua gue. Cara gue mengatasinya adalah mengingat kembali semua pas gue di garis start gue dan mengingat seberapa besar perjuangan yang sudah gue lakuin dan hal-hal yang gue dapat sampai titik ini. Semoga itu bisa bikin nambah semangat dan naikin mood lagi yaaaa

Dan buat kalian para pejuang SNMPTN yang keterima, please pikirin mateng-mateng apa kalian mau ambil atau mau lepasin. Pikirin jangka panjangnya yaaaa, karena kesempatan ga selalu datang dua kali.

Dan buat kalian para pejuang SBMPTN, SEMANGAT YAAAA! Jangan lupa untuk selalu berusaha dan berdoa. Yakin deh, kalo kalian maksimal dikedua, hasilnya ga akan mengecewakan. Dan kalaupun hasilnya tidak sesuai ekspetasi kalian, tenang guyssss masih banyak tes ujian mandiri dan universitas yang lain ko.

Oh iya, please berhenti mikirin kalo univ negeri lebih bagus ketimbang swasta ataupun sebaliknya. THATS BIG NO! Mau dimana pun kalian kuliah, mau di dalam negeri maupun di luar negeri. Mau di negeri atau swasta itu GA ADA BEDANYA. Itu semua pusatnya ada di diri kalian masing-masing. Pokoknya cobalah berpikir untuk berusaha lebih baik dimanapun kalian berada.

Semangat ya buat kalian semua yang mau berjuang masuk kuliah. I wish kalian semua bisa masuk di jurusna dan univ yang kalian pengenin selama ini yaaaaa ^^


Comments

Popular posts from this blog

About Me

Satnite Pertama - Juni

The Journey for My Next Plan