Jejak Hidup

after a long time, i'm back everyone.

Sebelumnya, thanks buat yang udah suggest buat gue obrolin apa di sini. InsyaAllah, satu-satu akan gue bahas ya.

Buat yang sekarang, gue bakal bahas yang paling banyak di-suggest.

Gimana menjalankan perjalanan dari kuliah sampai di titik ini. Lebih spesifiknya, gue diminta buat cerita suka duka nya jadi mahasiswa arsitek. Sebelumnya gue udah pernah bahas gimana ceritanya gue bisa milih kuliah arsitektur. Jadi silahkan kalau yang belum baca, bisa buka "Kegalauan Memilih Jurusan yang PAS".

Kayanya semua anak kuliah pasti ngerasain struggling di masa awal.
And that happen to me too.
Gue ciut sama skill temen-temen gue. Orientasi gue masih ke orang lain.
Sampai akhirnya gue mulai nerapin ini,
"Karya gue itu ya punya gue, gaada lain yang bisa buat kaya gue. Dan mereka pun begitu. Dan di arsitektur itu karya ga ada yang jelek. Semua punya nilai masing-masing."

Mulai dari situ mulai berkurang jiper gue ke yang lain. Gue mulai memperkarya referensi supaya muncul ciri nya gue. Gue mulai dari pelajarin hal-hal baru. Interest buat belajar berbagai software dan nekuninnya. Terus gue mau challenge diri gue dengan ga cuma fokus sama kuliah aja. Gue mulai berani buat membagi waktu gue buat ikut berbagai kegiatan. Dan gue harus belajar buat bisa tetep bisa konsisten balance antar semuanya. Dari situ gue belajar buat disiplin sih. Dan belajar sampai mana kemampuan diri sendiri.

Menurut gue semester 5 itu semester paling padet.
Gue ngambil SKS lebih, jadi asdos, jadi panitia probin, dan staff himpunan.
Kenapa gue berani ngambil itu semua?
Balik lagi ke alasan gue, gue mau tau kemampuan gue itu semana sih. Dan alhamdulillah, semester itu bisa terlewati dengan baik. Gue berhasil konsisten. Kalau ditanya gimana caranya, gue cuma bisa jawab gue selalu disiplin sama planning yang udah gue buat. Dan gue siap buat ngejar ketinggalan. Tenang guys, gue juga selalu punya free time juga di sela itu semua. Ada hari di mana gue bener-bener bebasin diri gue. ME Time.

Berkat pengalaman di semester 5 itu juga, gue bisa melewati semester 8 gue dengan lancar. Gue bisa kelar skripsi dan magang secara berdampingan. Alhamdulillah.
Kalau menurut gue kuncinya itu kita harus yakin sama planning kita. Kadang kita suka planning tapi ga yakin, jadi setengah-setengah dan malah bikin beban ke diri kita. Dan cobalah selama kuliah itu buat hidup lu balance, cobain banyak hal positif yang bisa berdampak baik buat diri kita. Yang membuat diri kita makin paham tentang diri kita itu sebenernya jalannya mau kaya gimana. Dan jangan lupa juga untuk selalu terbuka sama pemikiran dari banyak orang, jangan keasikan menangin ego diri sendiri. Waktu kuliah itu saat yang tepat buat kita belajar tentang banyak hal di kehidupan ini.

Ada yang nanya juga, gimana pandangan gue sebagai arsitek di sudut pandang perempuan. Jujur pas masuk kuliah, referensi arsitek perempuan itu dikit banget. Kayanya gue cuma tau Zaha Hadid. Dan dosen-dosen perempuan di kampus gue sedikit banget yang aktif juga sebagai arsitek di proyek. Tapi makin berjalannya waktu, gue mulai nemu banyak perempuan yang jadi seorang arsitek. Dan arsitek perempuan Indonesia ternyata banyak ko.
Setelah lulus gue makin sadar, kita kuliah sama kita kerja itu bisa aja sama bisa juga berbeda banget. Jadi jangan mematokin diri kalau lulus kuliah kalian mesti kerja sesuai dengan jurusan kalian. Intinya mah ikutin passion diri aja.

Sebelumnya gue juga ada tulisan yang ceritain kebimbangan gue abis lulus mau lanjut kuliah atau kerja. Dan sekarang gue memilih buat cari kerja dulu. Walaupun gue sambil nyambi buat persiapan S2 gue.
Nabung.
Gue juga sekarang udah nemuin sebenernya gue tuh pengen kerja yang kaya apa sih?
Gue pengen kerja yang berurusan dengan desain dan manage desain itu sampai jadi, walaupun gue cuman sebagai pengawas. Gue baru sadar ternyata gue lebih interest ke desain. Gue suka bekerja yang terlibat dalam tim, walaupun porsi individu juga cukup besar.
Bismillah semoga Allah ridhoi buat dapet ladang mencari rezeki yang seperti gue harapkan.

Kalau ditanya planning gue sekarang ini apa sih?
Gue pengen mencari kerjaan yang di mana gue bisa belajar banyak hal baru dan mengembangkan apa yang udah gue punya. Gue butuh belajar sama orang lain. Karena gue punya mimpi, gue pengen juga menciptakan ruang untuk orang lain belajar bareng gue. Gue pengen memiliki tim yang bisa belajar dan sukses bersama.
Bismillah. Doain ya semua ^v^

Comments

Popular posts from this blog

About Me

Satnite Pertama - Juni

The Journey for My Next Plan