The Journey for My Next Plan

Malam 2 November 2018 di Stasiun Sudirman terakhir kalinya gue nunggu kereta untuk pulang dari tempat magang gue. Gue harus menunggu kereta yang biasa gue naikin sekitar 1 jam. Sambil nunggu, gue kepikiran apa aja yang udah gue lakuin selama 3 bulan belakangan ini. Dan gue tersadar, sekarang udah bulan November. Bentar lagi akan ganti tahun. Jadi kepikiran apa aja yang udah gue lakuin di tahun 2018 ini. Dan terlintas,
"Wah iya, gue magang udah dua kali ya tahun ini."
Gue pikir magang pertama gue itu ada di tahun 2017. Ternyata di awal tahun ini ya, pas gue lagi nyusun skripsi. Dan yang kedua ini, setelah gue selesai skripsi dan lulus kuliah.

Jujur, gue sama sekali ga berencana untuk magang dua kali. Magang kedua ini, tanpa sengaja gue apply dan diterima. 
Sebenernya misi gue untuk magang itu biar gue tambah ilmu dan tahu gue tuh pengen dan cocoknya kerja seperti apa.
Gue dari kuliah pengen banget kerja di biro arsitek. Impian gue kerja di Andra Matin. Gue udah coba apply magang di sana, tapi susah banget untuk dapet waktu yang pas sama lowongan mereka. 

Magang pertama gue di developer dan kedua di konsultan properti. Berbeda sama impian gue ya hehehe.
Kenapa?
Gue pengen belajar, karena lingkup kerja arsitek itu luas. Pihak-pihak yang terlibat banyak banget. Di developer gue diposisikan menjadi owner suatu project. Dan kalo di konsultan properti gue diposisikan menjadi tangan kanan dari owner suatu project. 

Untuk magang pertama gue itu di Jaya Real Property. Gue dikasih tugas untuk bantuin manajer arsitek dan supervisor arsitek di sana. Kalau ada revisian desain biasanya gue yang diminta untuk desain dan juga gue diminta untuk cek gambar dari kontraktor dan mereview kerjaan di lapangan udah sesuai atau belom. Masa magang gue di sini sekitar 2 bulan. Rada cepet sih karena gue harus balik ke Malang untuk ujian skripsi. Iya, gue magang sambil ngerjain skripsi gue kemarin dan alhamdulillah sampai malang gue langsung bisa ikut sidang seminar hasil gue. Lebih lengkapnya gue udah pernah ceritain itu di postingan "Let's Find The Answer" dan "Di Penghujung Bulan April". Silahkan baca ya buat yang penasaran gimana prosesnya.

Lanjut ke magang kedua gue. Gue magang di konsultan properti multinasional, Colliers International Indonesia. Gue mulai di Agustus kemarin dan masa magangnya 3 bulan. Kalau ga salah gue daftar magang di sana itu sekitar akhir Juli atau awal Agustus diminta dateng ke kantor mereka untuk wawancara. Pas di hari wawancara gue, ada aja cobaannya. Jadwal wawancara gue jam 9 pagi. Dan gue naik kereta ke sana. Karena kalau naik mobil ke Jakarta, apalagi daerah Sudirman sama aja buang-buang waktu. Setibanya gue di stasiun deket rumah gue, kereta dateng. Gue selalu naik gerbong wanita, karena menurut gue lebih aman dan nyaman. Tapi, sumpah itu penuh banget. Jujur gue belom pernah naik kereta dengan keadaan sekeos itu. Gue mau coba masuk juga ga berani. Yaudah gue mundur dan duduk lagi aja di kursi tunggu. Ga berapa lama kereta jalan, gue liat jam tangan gue. 
"Mati, gue harusnya naik kereta itu. Telat dah gue."
Gue langsung cek jadwal kereta berikutnya dan masih 15 menit lagi. Gue udah mau pulang aja tuh rasanya ke rumah. Gue termasuk orang yang rada males kalo udah tau gue bakal telat, tapi gue tetep jalan hahahaha
Tapi, nyokap bilang coba aja dulu. Yaudah gue tetep tunggu kereta berikutnya.
Setelah ketar ketir takut telat, gue sampai jam 9 tepat di Stasiun Sudirman. Dan gue harus lanjut naik ojek online untuk ke WTC 1, home office CII. Seperti dugaan gue, MACET.
Sampai pas udah di Jalan Sudirman, HR yang hubungin gue kemarin telepon gue untuk nanya posisi gue. Syukurnya dia mau nungguin.
Alhamdulillah, gue telat nya ga sampai 10 menit dari jadwal. Ga berapa lama, gue dipanggil buat naik ke lantai 14 karena interviewnya bakal diadain di sana. Kebetulan saat itu, ada satu orang lagi yang bakal wawancara buat magang di posisi yang sama kaya gue. 
"Kalian langsung masuk berdua aja." HR itu mempersilahkan kita berdua masuk keruangan yang di dalamnya ada 3 orang pria. Mereka itu ketua divisi dan portfolio di project management. 
Seperti biasalah wawancara begitu isinya. 
"Ada pertanyaan?" ujar salah satu dari mereka. Gue pun nanya,
"Sebenernya project management itu kerjanya apa ya pak? Jujur saya gatau apa-apa." Dengan polosnya gue nanya begitu hahaha. Itu bakal jadi pertimbangan gue mau lanjut magang apa engga kalo diterima.
Dan mereka pun jawab dan sama sekali gue ga ngerti itu ngapain. Gue cuma paham ya kita bantuin owner. Udah itu aja.
Wawancara selesai. Kita pun turun ke lantai 10 buat nunggu hasilnya. 
Sekitar 15 menit, HR itu nyamperin kita di lobby reception. Dia umumin buat pulang dulu, karena hasilnya bakal dikirim via email. Tapi, gue engga. Gue disuruh tunggu dulu.
"Bentar ya Maudy."
Dia pun masuk ke dalam ruang kerja lagi. Dan ga berapa lama keluar bawa kertas gitu dan mengajak gue masuk ke ruang small meeting. 
"Selamat ya Maudy, kamu diterima magang di sini."
Speechless dong gue. Ko gue langsung diterima.
Gue pun diminta untuk ngurusin administrasi kontrak magang gue untuk 3 bulan ke depan. Selesai dari sana, gue dipersilahkan pulang dan bisa mulai kerja dua hari setelahnya.

Kalau diminta cerita secara detail magang kali ini, bingung gue ceritanya gimana. 
Gue diposisikan untuk jadi Project Officer atau admin. Jujur, gue ga pernah nih kepikiran sama sekali bisa kerja beginian. Harus rapi, terorganisir, teliti dan cekatan. Kalau kata project manager di sini dibilang emang posisi utama pasti bakal jadi project officer dulu dan endingnya bisa jadi Portfolio Manager. Jujur, sebulan awal gue ga betah. Pengen udahan aja. Kerjaannya begitu-begitu aja. Ditambah lagi, gue merasa waktu gue jadi ga banget. Gue berangkat pagi jam 6 sambil anter sekolah ade gue. Gue turun di Stasiun Tangerang biar bisa dapat tempat duduk, kereta gue jam 7 pagi. Sekitar jam 8, gue sampai kantor dan pulang sampai di rumah jam 7 malam. Waktu isitirahat gue ga sebanding. 

Tapi, setelah gue ditempatin di proyek working space milik JustCo, gue mulai sedikit enjoy. 
WHY?
Karena mereka posisinya di The Plaza. Office tower yang langsung connect sama Plaza Indonesia. Itu yang bikin gue sedikit enjoy hehehe
Tapi project nya seru juga sih. Gue belajar banyak di sini. Desainer mereka asalnya dari Singapore dan desainnya gue suka. Sejalan sama gaya desain gue juga. Walapun kontraktornya sangat amat lelet kerjanya. Parah deh. Tapi ya setidaknya proyeknya bisa kelar di bulan kedua gue magang. Pelajaran penting juga magang di sini, mengasah speaking, listening and writing English gue. Gue harus bikin laporan meeting dalam English. Gue harus bisa dengar dan ngomong English juga sama client yang kebanyakan dari luar negeri. Dan, gue bisa paham gimana bedanya sistem kerja orang Indonesia dan luar negeri. Pengalaman gue ini ga pernah gue temuin sebelumnya. Gue sangat bersyukur akan itu. 

Setelah 2 bulan gue sadar kalau gue pengen kerja yang berhubungan sama desain juga. Walaupun gue juga merasa cocok sama Project Management. Tapi kurang banget ga ada desain. Rasanya membosankan. Satu bulan terakhir gue, banyak bolongnya sih. Karena wisuda dan panggilan beberapa interview kerjaan. Jadi ga berasa aja gue segera kelar magang di CII. Dan magang di sini juga makin buat gue sadar, kalau dunia kerja itu sangat keras. Dan lo harus milih baik-baik. Lu mau kerja di tempat yang bisa memberi lu kebahagian di tabungan lu atau di raga lu juga. 

Yang gue syukuri dari magang kedua gue ini, gue jadi bisa buat my next plan gue. Gue akan bekerja sama orang dan belajar banyak sama mereka dalam waktu 5-6 tahun ke depan. Dan InsyaAllah gue siap untuk bangun ruang kerja gue sendiri. Dan juga gue sekarang ga memaksakan diri gue untuk kerja di biro konsultan dan ga menutup kesempatan untuk kerja di kontraktor atau jadi project management lagi. Gue hanya mau kerja yang ga bikin gue stress dan gue bisa enjoy di sana. Gue ga mau membuang hidup gue cuma buat stress karena kerja sama orang lain (bawahan). 

Di hari terakhir magang gue, gue dititip pesan sama Project Manager gue, "Emotion Control" kita harus bisa atur emosi diri kita sendiri, jangan limpahin itu ke tempat kerja apalagi ke rumah. Dan cuma kita sendiri yang tahu caranya gimana. Karena tiap orang beda-beda caranya.
Dan memang di kantor magang gue kali ini, macem-macem jenis orangnya. Gue juga belajar banyak akan itu. Gue juga dipesenin untuk terus bangun relasi yang baik sama rekan kerja. Karena ke depannya kita ga akan tau kaya apa, siapa tau bakal ketemu lagi di projek lain dan kedudukannya bisa berubah. Masih banyak lagi sih pesannya. Tapi dua pesan ini yang paling penting menurut gue. 

Gue berharap banget buat yang baca postingan gue ini nangkep apa maksudnya. Nangkep ga? hehehe
Gue pengen kita nih, yang masih muda gini mau belajar dan cari tau banyak hal. Jangan terlalu merasa nyaman sama hidup yang gini-gini aja walaupun hidup kita udah happy. Anak muda kaya kita di masa kaya gini kalau mau bersaing sama yang lain harus berani dan mau belajar banyak hal baru. 

Pesan gue buat sesama pejuang pencari lahan menimba rezeki, ketika ada kesempatan kerja coba ambil dulu aja. Kalau ga betah tinggal jujur dan keluar dengan cara yang baik. Karena yakin deh, di sana pasti ada pembelajaran walaupun cuma sedikit tapi itu pasti berguna buat hidup kita ke depannya.
Dan buat temen-temen yang masih kuliah. Khususnya yang udah di semester akhir. Jangan kebanyakan main. Fokus dan cepat kelarin skripsi atau engga siapin planning kalo kalian mau kerja atau lanjut S2. Jangan baru mikirin pas udah kelar kuliah. Walaupun orangtua ga mendesak kita, tapi hidup ini kita yang jalanin, dan kita yang mesti tanggung jawab. Ingat, di luar sana banyak yang udah siapin semuanya dari sekarang. Kalau kalian cuma mau hidup terus dibawah orangtua ya yaudah. Tapi, kasian aja mau sampe kapan kaya gitu. Percaya ga percaya, dulu ortu kalian yang udah sukses sekarang pasti struggling buat sampai di titik seperti sekarang, yang kalian nikmatin sekarang. Coba buat mereka buat seneng tanpa mereka minta.

Ayo anak milineal, buktikan kita bisa jadi generasi yang lebih baik. S E M A N G A T!!!

Comments

Popular posts from this blog

About Me

Satnite Pertama - Juni