Let's Find The Answer

Sekarang gue sudah sampai di masa kritis hidup gue.
Masa kritis yang gue maksud adalah tahun akhir perkuliahan gue.
S K R I P S I

Gue kuliah di Arsitektur Universitas Brawijaya, di kampus gue ini skripsinya sekarang sudah 100% riset. Udah gaada tuh skripsi yang malah nge-desain. Final project design gue sudah gue tuntaskan di semester kemarin. Di semester kemarin juga gue sudah mulai mengerjakan skripsi gue yang dicapai dengan seminar proposal. Dan semester ini gue harus lanjutin skripsi gue itu dari bab 4 sampai 5 lalu gue seminar hasil dan kalau lancar gue bisa lanjut sidang skripsi.

Kritis 'skripsi' yang gue maksud di sini adalah challenge gue terhadap diri gue sendiri. Gue memilih untuk magang sekarang. Bukan magang yang diharusin pihak kampus (KP atau PKL), itu gue udah lakuin juga di liburan semester kemarin. Niat magang gue ini muncul dari pikiran liar gue,
"Maudy lu mau ngapain abis kuliah lu kelar? Lu mau jadi arsitek? Emang lu bisa apa?"

Ini titik kritis gue.
Gue mau ngapain abis kuliah gue kelar?
Urusan ortu gue buat biayain kuliah udah kelar nih abis ini. Mereka harus fokus ke 2 ade gue yang masih panjang hidup pendidikannnya.

Semenjak 1 tahun lalu gue mutusin abis kuliah gue mau lanjut S2. Gatau kenapa gue tuh doyan aja dapet ilmu baru, gue doyan belajar. Dan belajar tentang ilmu arsitektur itu asyik. Ga musingin, ga banyak hapalan, ya walaupun stress nya juga ada kalau tugas udah banyak. Tapi ya gue suka.

TAPI
Gue mikir lagi, gue mau S2 gue itu pake beasiswa. Secara gue mau lanjut di luar negeri, pasti bakal mahal banget kalo pake duit sendiri. Kenapa gue ga mencoba jalur beasiswa toh itu termasuk hak sebagai warga negara HE HE HE....
Terus gue cari info buat dapet beasiswa tuh gimana aja... dan ternyata waktunya cukup lama loh. gue mesti les bahasa dulu buat persiapan tes IELTS dan keluarlah niat, GUE MAU NYAMBI KERJA JUGA DEH.

Kemarin tanggal 2 Maret, gue resmi menyelesaikan magang gue. gue mau cerita sedikit tentang tempat magang gue ya. Awalnya gue mau cerita gimana gue bisa magang di tempat gue kemarin. Jadi dari akhir semester lalu gue udah cari-cari konsultan mana yang terima anak magang. Ya terus gue apply deh kebeberapa tempat. Terus gue keterima buat magang di beberapa tempat, dibedainnya itu antara tempat konsultan arsitek sama owner atau developer gitu.
Dan mungkin memang sudah jalan Allah ya, gue ditempatkan untuk magang di developer yaitu Jaya Real Property. Gue ditempatin di salah satu projek mereka di Silk Town Bintaro. Projek mereka itu namanya Alexandria, sebuah condominium atau kalian taunya apartemen.

Tanggal 8 Januari itu hari pertama gue masuk kerja. Gue pikir disuruh dateng cuman mau interview aja. Eh, ternyata setelah ngobrol bentar sama Manajer Arsiteknya, gue langsung diajak ke kantor dan ketemu karyawan-karyawan di sana. Jadi di kantor itu dicampur antara tim marketing sama tim project nya. Pikiran pertama gue pas mau masuk kantor tuh 'Pasti awkward nih, pasti udah pada tua-tua deh, nanti gue mainnya sama siapa'.
DAN
Semua itu terpecahkan dengan kenyataan yang ada.
Karyawan-karyawan di sana langsung nyambut gue dengan santai dan ramah. Gue langsung merasa lega banget pas tau orang-orangnya asik banget. Ada kakak-kakak yang umurnya ga jauh dari gue, seumuran abang gue lah. Dan yang paling penting, mereka suka KPOP. Amaaaannnn HE HE HE..

Bapak-bapak manajernya juga masih terbilang muda, ya bapak-bapak yang baru menikah muda dan easy going banget loh mereka satu sama lain. Kantor itu berasa kaya rumah banget. Pagi pada kumpul di meja makan, sarapan bareng sambil main games, ngobrol-ngobrol. Pokokny asyik banget deh suasana kantornya.

Gue ga berhenti bersyukur bisa dikasih kesempatan ketemu sama mereka semua. Mereka semua itu sebenernya di luar dari zona nyaman gue selama ini. Tapi, gue bisa dengan nyamannya masuk ke zona mereka itu. SUMPAH MEREKA ASIK BANGET. Tiada hari tanpa ketawa sama mereka deh.

Kalau untuk ilmu, jangan ditanya deh, LENGKAP BANGETTTT...
Ilmu arsitektur, ceklis..
Ilmu struktur, ceklis..
Ilmu mekanikal elektrikal plumbing, ceklis..
Ilmu landscape, ceklis..
Ilmu kerjasama antar tim, ceklis..
Ilmu kehidupan kerja pun gue dapet di sini..

Tim proyek yang gue gabung di dalamnya itu asik banget, gue belajar gimana mereka bisa bagi waktu serius dan santai. Dan kerjasama antar tim nya tuh keliatan banget. Dan kepercayaan buat saling bantu saling handle tuh terasa banget deh.
Mereka juga asik banget kaya gue, walaupun mereka tuh sebenernya seumuran sama dosen termuda gue, tapi mereka bersikap seperti senior aja gitu ke gue. Jadi asik aja gitu ngobrolnya. Malah gue suka diledekin kalau gue terlalu kaku ke mereka.

Yang gue sayangkan, gue gapunya foto bareng sama mereka -_- sedih banget pas tau kemarin sadar. Tapi gue pesan mereka buat gue lebih penting sih. Doa mereka itu bener-bener nyemangatin gue banget.

Dari tempat magang gue ini, pertanyaan gue diawal bisa kejawab dan memberi detail-detail untuk diperkuat lagi. Gue sangat bersyukur Allah kasih kesempatan besar ini ke gue. Gue magang di tempat yang dari awal sampai akhir bikin gue senang dan banyak belajar di sana. Sedikit pun gue ga pernah mengeluh merenggek kecapean 2 bulan belakang ini.
Makasih ya Allah, Kau sungguh Maha Baik.

Gue rasa ya dari umur 20 tahun banyak banget pembelajaran yang gue dapet. Didapetinnya dalam berbagai hal. Dalam suka maupun duka. Dan makin ke sini gue makin sadar, gue harus terus bersyukur dan pelajarin itu semua untuk lebih baik kedepannya. Karena apa yang gue pelajarin sekarang itu buat kedepannya. So buat kalian yang lagi patah semangat, keep moving guys!!! Inget Allah tidak pernah kasih cobaan diluar batas manusia itu sendiri. Jadi pasti semua bisa dilewatin if you keep trust your self!
S E M A N G A T SEMUA!!!
Jangan lupa untuk terus berbuat baik untuk diri sendiri dan orang banyak ya. ^^

Comments

  1. MAUDY UDAHAN MAGANGNYAA?? KOK KUTAK TAHU?!!? YAAHHHHH JANGAN KAYA JIYONG YANG TIBA2 NGILANG WAMIL DOOONGGGGG �� BABAY BABAY DULU SAMA KITAAAA ANAK2 MARKETING ������
    *ngetik serba ga selow. Pake capslock*
    -ka'githa-

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOH???? yang lain tau ko kaaa.. pas jumat sore balik ke kantor ka githa nya udah balik dulaun jadi ga sempet pamit deh akunya -_- sorry ya ka ga pamitan langsung, sukses terus ka githaaa :D

      Delete
    2. oh iya gue yg pulangnya kecepetan ya brrti wkwkwk maapp.. ga pada bilaang hhuhuhuhuhuhuhuhu makaciiii maudyyyy! lo juga yhaa sukses terus.. SEMANGAT SKRIPSIINYAAA! apapun pilihan lo nnti stelah lulus S1, entah kuliah S2 atau kerja, semoga jadi pilihan terbaik buat lo.. semangaaaatttttt hhihihi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About Me

Satnite Pertama - Juni

The Journey for My Next Plan